Selasa, Mei 05, 2009

Asal-Usul Surah Dalam Al-Quran: Fushshilat

Surah Fushshilat (Dijelaskan) سورة فصّلت adalah surah ke-41 dalam Al Qur'an (kitab suci agama Islam). Surah ini terdiri atas 54 ayat dan termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Surah yang diturunkan sesudah surah Al Mu'min ini dinamai "Fushshilat" (yang dijelaskan) diambil dari perkataan Fushshilat yang terdapat pada permulaan surah ini

Kandungannnya:

Keimanan:

Al Quran dan sikap orang-orang musyrik terhadapnya; kejadian-kejadian langit dan bumi dan apa yang ada pada keduanya membuktikan adanya Allah; semua yang terjadi dalam alam semesta tidak lepas dari pengetahuan Allah.

Lain-lain:

Hikmah diciptakannya gunung-gunung; anggota tubuh tiap-tiap orang menjadi saksi terhadap dirinya pada hari kiamat; azab yang ditimpakan kepada kaum Aad dan Tsamud; permohonan orang-orang kafir agar dikembalikan ke dunia untuk mengerjakan amal-amal saleh; berita gembira dari malaikat kepada orang-orang yang beriman; anjuran menghadapi orang-orang kafir secara baik-baik; ancaman terhadap orang-orang yang mengingkari ke-Esaan Allah; sifat-sifat Al Quranul Karim; manusia dan wataknya.

Tiada ulasan: