Selasa, Mei 05, 2009

Asal-Usul Surah Dalam Al-Quran: Al Mu'min

Surah Al Mu'min (Orang yang Beriman) سورة غافر (bahasa arab :المؤمن ) atau Surah Ghafir (bahasa arab :سورة غافر ) adalah surah ke-40 dalam Al Qur'an, kitab suci pemeluk agama Islam. Surah ini terdiri atas 85 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyyah. Surah yang diturunkan sesudah surah Az Zumar ini dinamai Al Mu'min (Orang yang beriman), berhubung dengan kata mukmin yang terdapat pada ayat 28 surah ini (Templat:Quran-usc). Dinamakan pula Ghafir (yang mengampuni) diambil dari ayat ke-3 surat ini (Templat:Quran-usc) . Pada ayat 28 diterangkan bahwa salah seorang dari kaum Fir'aun telah beriman kepada Nabi Musa. dengan menyembunyikan imannya kepada kaumnya, setelah mendengar keterangan dan melihat mukjizat yang dikemukakan oleh Nabi Musa .

Kandungannya:

Keimanan:

Sifat-sifat malaikat yang memikul 'Arsy dan yang berada di sekitarnya; dalil-dalil yang menunjukkan kekuasaan Allah, sifat-sifat Allah yang menunjukkan kebesaran dan keagungan-Nya; ilmu Allah meliputi segala sesuatu; bukti-bukti yang menunjukkan adanya hari berbangkit.

Kisah:

Kisah Musa dengan Fir'aun.

Lain-lain:

Al Quran dan sikap orang-orang mukmin dan orang-orang kafir terhadapnya; permohonan orang-orang kafir supaya dikeluarkan dari neraka; peringatan kepada orang-orang musyrik tentang kedahsyatan hari kiamat; anjuran bersabar dalam menghadapi kaum musyrikin; nikmat-nikmat Allah yang terdapat di daratan dan lautan; janji Rasulullah bahwa orang-orang mukmin akan menang terhadap musuhnya.

Tiada ulasan: